01
Ngelmu iku, kalakone kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani, setya budya pangkese dur angkara.
(Orang mencari ilmu itu harus melalui lelaku, harus dilakukan dengan
sungguh-sungguh, bisa mendapatkan kesentosaan, dan menyingkirkan angkara
murka.)
02
Angkara gung, neng angga anggung gumulung, gogolonganira triloka, lekere kongsi, yen den umbar ambabar dadi rubeda.
(Perbuatan angkara murka yang besar, di dalam diri semakin
menggunung. Sesuai dengan golongannya, jangkauannya meliputi alam
semesta, bila tidak dikekang akan jadi malapetaka.)
03
Beda lamun, kang wus sengsem reh ngasamun, semune ngaksama, sasamane bangsa sisip, sarwa sareh saking mardi marto tama.
(Berbeda dengan orang yang terbiasa dengan kehidupan sunyi. Dari
wajahnya mencerminkan pemberi maaf, kepada sesamanya yang bersalah.
Selalu tenang dan sabar dan bermurah hati.)
04
Taman limut, durgameng tyas kang weh limput, kereming karamat, karana karohaning sih, sihing Sukma ngreda sahardi gengira.
(Sama sekali tak tergoda. oleh rintangan dalam hati yang menimbulkan
khilaf. Karena tenggelam dalam keluruhan budi, karena anugerah Tuhan.
Anugerah yang melimpah sebesar gunung.)
05
Yeku patut, tinulad-tulad tinurut, sapituduhira, aja kaya jaman mangkin, keh pramudha mundhi dhiri lapel makna.
(Seperti itulah yang patut ditiru seluruh petunjuknya Jangan seperti
masa mendatang, banyak kawula muda yang menyombongkan diri, hanya
sekedar tahu ayat saja.)
06
Durung pecus,kesusu kaselak besus, amaknani lapal, kaya sayid weton Mesir, pendhak-pendhak angendhak gunaning janma.
(Tidak becus, sudah berlagak ingin menerangkan makna ayat, gayanya
seperti sayid dari Mesir. Seringkali meremehkan kepandaian orang lain.)
07
Kang kadyeku, kalebu wong ngaku-aku, akale alangka, elok Jawane denmohi, paksa ngangkah langkah met kawruh ing Mekah.
(Yang seperti itu, termasuk orang yang mengaku-aku kepandaian orang
lain, kepandaiannya sendiri tak ada. Anehnya tidak menyadari kebudayaan
sendiri, memaksakan kehendaknya mengambil pengetahuan dari Mekah.)
08
Nora weruh, rosing rasa kang rinuruh, lumeketing angga, anggere padha marsudi, kana-kene kaanane nora beda.
(Tidak tahu, bahwa inti ilmu yang dicari, sebenarnya melekat erat
dalam dirinya sendiri. Asalkan diolah dengan kesungguhan hati, dimana
pun baik di sana (Mekah ) maupun di sini (Jawa) keadaannya tidak
berbeda.)
09
Uger lugu, den ta mrih pralebdeng kalbu, yen kabul kabuka, ing drajat kajating urip, kaya kang wus winahyeng sekar srinata.
(Bila apa adanya, yang dilakukan dalam meraih kehendak hati dengan
jujur. Jika terkabul pastilah terbuka, pintu drajat yang dihajatkan
dalam kehidupan. Seperti yang telah dipaparkan dalam pupuh lagu Sinom.)
10
Basa ngelmu, mupakate lan panemu, pasahe lan tapa, yen satriya tanah Jawi, kuna-kuna kang ginilut triprakara.
(Perihal ngelmu, diselaraskan dengan pengalaman, mendalaminya dengan
bertapa (olah samadhi), bagi para ksatria di tanah Jawa. Sejak dulu
dilaksanakan dengan berpegang pada tiga hal penting.)
11
Lila lamun, kelangan nora gegetun, trima yen kataman, sakserik sameng dumadi, trilegawa nalangsa srahing Batara.
((ketiga hal itu adalah) Rela, ketika kehilangan sesuatu tidak merasa
menyesal, (kedua) Sabar bila terkena prasangka dari sesama insan. Yang
ketiga tulus ikhlas berserah diri pada Tuhan.)
12
Batara gung, inguger graning jajantung, jenak Hayang Wisesa, sana paseneten Suci, nora kaya si mudha mudhar angkara.
(Tuhan Yang Maha Agung, selalu ditempatkan di puncak jantungnya
(berzikir). Atas ridho Yang Maha Kuasa, berkenan bersemayam di tempat
yang suci. Namun tidak demikian dengan anak muda yang mengumbar
angkara.)
13
Nora uwus, kareme anguwus-uwus, uwose tan ana, mung janjine muring-muring, kaya buta-buteng betah nganiaya.
(Tidak ada habisnya, sellau mengumbar hawa nafsu, yang hakekatnya
tidak ada, adanya selalu marah-marah, layaknya raksasa yang cepat naik
pitam dan suka menganiaya.)
14
Sakeh luput, ing angga tansah linimput, linimpet ing sabda, narka tan ana udani, lumuh ala ardane ginawe gada.
(Banyak kesalahan, pada dirinya disembunyikan dan ditutupi. Menurut
pendapatnya tidak akan ada yang mengetahui, meskipun demikian tidak mau
disalahkan. Apabila ada yang membuka sifat jahatnya, amarahnya-lah yang
menjadi senjata.)
15
Durung punjul, ing kawruh kaselak jujul, kaseselan hawa, cupet kapepetan pamrih, tangeh nedya anggambuh mring Hyang Wisesa.
(Belum mencapai tingkat yang lebih dari orang lain, dalam
pengetahuannya sudah tidak mampu menerima tambahan ilmu. Karena
disela-sela pikirannya telah dipenuhi hawa nafsu, hingga pikirannya
menjadi pendek tertutup oleh pamrih. Maka mustahil jika hendak
mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar